Notification

×

Iklan

Iklan

Dukung PPDB 2024 Bebas Pungli, Tim Saber Pungli Kabupaten Bandung Monitoring PPDB Tahun Ajaran 2024/2025

Rabu, 26 Juni 2024 | 13:23 WIB Last Updated 2024-06-26T06:23:20Z
SMartnewsroom.com,KABUPATEN BANDUNG - Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPBD) di sekolah negeri tingkat SD dan SMP, SMK dan SMA di Kabupaten Bandung dipantau langsung Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya pungutan liar atau pungli.

"Kami menurunkan tim untuk melakukan pemantauan di SD dan SMP negeri yang tengah melaksanakan PPDB sebagai upaya untuk mencegah terjadinya pungutan liar atau pungli," kata Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Bandung, AKBP Maruly Pardede, Rabu (26/06/2024).

Menurut Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Bandung, AKBP Maruly Pardede, pemantauan ini bertujuan membangun kesadaran hukum bagi penyelenggara pendidikan untuk mendukung sistem pemerintahan yang bersih atau bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN).

Kegiatan ini pun untuk memastikan tidak ada sekolah yang menerima calon murid titipan serta tidak melakukan pungli kepada orang tua murid, serta mencegah adanya oknum-oknum yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan PPDB.

Maka dari itu, pihaknya memberikan arahan terkait pungli di sekolah yang bisa mengganggu dan memberatkan masyarakat karena harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. Dampak lainnya, jika terjadi praktik pungli di sekolah maka akan menurunkan wibawa hukum serta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

"Kami menegaskan bahwa segala bentuk pungli seperti pengenaan biaya di luar aturan yang ditentukan atau memungut biaya secara paksa kepada pihak lain termasuk perbuatan pidana," ujar Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Bandung, AKBP Maruly Pardede.

Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Bandung, AKBP Maruly Pardede mengatakan, selain melakukan pemantauan, pihaknya juga memberikan sosialisasi cara pencegahan pungli agar seluruh murid yang diterima di sekolah murni hasil penjaringan selama proses PPDB dan orang tua murid pun tidak merasakan keberatan dengan biaya yang harus dikeluarkan.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam melakukan pencegahan dan harus berani melaporkan jika ada kegiatan yang mencurigakan yang diindikasikan praktik pungli," tutup Ketua Pelaksana Saber Pungli Kabupaten Bandung, AKBP Maruly Pardede. (Muhammad Fikri Fauzi).
×
Berita Terbaru Update