Notification

×

Iklan

Iklan

Saber Pungli Kabupaten Sukabumi Gelar Sosialisasi Pencegahan Pungutan Liar PPDB

Rabu, 12 Juni 2024 | 12:19 WIB Last Updated 2024-06-12T05:19:59Z
SMartnewsroom.com,SUKABUMI - Tim Saber Pungli Kabupaten Sukabumi menggelar sosialisasi pencegahan pungutan liar dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, Jum'at (07/06/2024).

Kegiatan ini menyasar target seluruh jenjang sekolah. Tujuannya, untuk meminimalisir pungutan liar pada proses penerimaan peserta didik baru.


Sosialisasi di pimpin langsung oleh Kasat Binmas Polres Sukabumi, AKP I Djubaedi, yang juga menjabat Ketua Pokja Pencegahan di Saber Pungli Kabupaten Sukabumi.


Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, AKP I Djubaedi menekankan kepada Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi dan KCD pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat, selain kepala sekolah agar panitia PPDB dan Operator membuat fakta integritas terkait dengan kegiatan selama PPDB berlangsung.


"Sosialisasi ini bertujuan membangun kesadaran hukum bagi penyelenggara pendidikan untuk mendukung sistem pemerintahan yang bersih atau bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN)," ujar Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, AKP I Djubaedi, Rabu (12/06/2024).


Kegiatan ini pun untuk memastikan tidak ada sekolah yang menerima calon murid titipan serta tidak melakukan pungli kepada orang tua murid, serta mencegah adanya oknum-oknum yang mencari keuntungan dengan memanfaatkan PPDB.


Maka dari itu, Ketua Pokja Pencegahan Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, AKP I Djubaedi memberikan arahan terkait pungli di sekolah yang bisa mengganggu dan memberatkan masyarakat karena harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi. Dampak lainnya, jika terjadi praktik pungli di sekolah maka akan menurunkan wibawa hukum serta kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.


Kegiatan Sosialisasi ini di gelar di Kantor Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi, Kantor Disdukcapil Kab. Sukabumi, KCD Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat. (Muhammad Fikri Fauzi).


Editor: Asep Gunawan

×
Berita Terbaru Update