Notification

×

Iklan

Iklan

Komitmen Lintas Sektor, Satgas Yonif 310/KK Dukung Puskesmas Towe Hitam Dalam Peningkatan Yankes Di Perbatasan

Jumat, 05 Juli 2024 | 09:59 WIB Last Updated 2024-07-05T02:59:22Z
SMartnewsroom.com,Kabupaten Keerom - Tingkatkan kerjasama khususnya di bidang kesehatan, Pos Towe Hitam Satgas Yonif 310/KK ikut serta dan dukung Puskesmas Towe Hitam dalam kegiatan Komitmen Lintas Sektor demi peningkatan mutu Pelayanan Kesehatan (Yankes) bagi masyarakat perbatasan di Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, Jum'at (05/07/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan, Komitmen Lintas Sektor merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas.

"Kami akan selalu mendukung program pemerintah khususnya di bidang kesehatan, demi menjamin ketersediaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah perbatasan," terang Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Menurut Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal, bahwa kehadiran prajurit TNI di perbatasan negara tidak hanya menjaga stabilitas keamanan saja. Namun prajurit TNI juga turut berkontribusi untuk dapat membawa dampak positif bagi masyarakat, melalui kegiatan pendidikan, kesehatan maupun kegiatan sosial lainnya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan.

Dalam pelaksanaannya, personil Satgas Yonif 310/KK diwakili oleh Danpos (Komandan Pos) Towe Hitam, Letda Inf Andri Budi Purwanto, S.Tr,Han., kegiatan ini dihadiri lebih kurang 25 orang tamu undangan yang terdiri dari Kepala Kampung, Bamuskam, Tokoh Pemuda dan masyarakat, kader malaria dan TBC.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dari pembukaan oleh Kapuskes (Kepala Puskesmas), dilanjutkan pembahasan kerjasama lintas sektor bidang kesehatan, saran dan masukan serta diakhiri dengan pembakaran obat dan alkes (alat kesehatan) yang sudah kadaluarsa.

Menariknya, momen pembakaran obat dan alkes kadaluarsa ini merupakan simbol dari keseriusan aparat terkait dalam peningkatan mutu kesehatan. Maksud kegiatan tersebut diantaranya mencegah penggunaan alkes sisa, menjaga kesehatan puskesmas dari sisa-sisa alkes, serta bukti nyata pengecekan obat berkala untuk memastikan obat tidak kadaluarsa sehingga aman di konsumsi oleh warga.

Disisi lain, Kepala Puskesmas Towe Hitam, Alphius Wakur Amd,Keb., (40) mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK yang telah peduli terhadap kesehatan masyarakat dan turut serta berpartipasi mendukung agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan aman.

“Kita bersama-sama memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Besar harapan kita bisa terus seiring sejalan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terutama dalam bidang kesehatan," tutup Kepala Puskesmas Towe Hitam, Alphius Wakur Amd,Keb. (Muhammad Fikri Fauzi).

Otentifikasi: Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.
×
Berita Terbaru Update