Notification

×

Iklan

Iklan

Kandang Ayam Ludes Terbakar Di Lalap Si Jago Merah, Ratusan Ayam Ikut Terpanggang

Kamis, 19 September 2024 | 17:11 WIB Last Updated 2024-09-19T10:11:12Z
SMartnewsroom.com, Palabuhanratu || Ratusan ekor ayam ludes terbakar di kandang yang berada di Kampung Cigangsa, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (19/09/2024) siang.

“Tadi laporan sekitar pukul 01.30 siang. Saat tiba di lokasi kandang ayam ini sudah terbakar. Jadi ini ada kemungkinan tidak diketahui masyarakat ataupun tidak ada laporan. Sehingga terlambat laporan ke pemadam-nya,” terang Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra, saat ditemui SMartnewsroom.com di lokasi.

Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra menjelaskan, dugaan sementara api berasal dari kebakaran lahan di sekitar lokasi. Tiga unit mobil Damkar diturunkan untuk memadamkan api.

“Itu kalau dugaan harus investigasi dengan kepolisian ya. Cuma dari lokasi kejadian ini kemungkinan berasal dari kebakaran lahan. Untuk tadi kita terjunkan semuanya, dari rescue dan dua unit pemadam,” ujar Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra.

Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra mengatakan untuk memadamkan api yang membakar kadang ayam dengan luas 45x7 Meter tersebut.

"Penyebab kebakarannya itu karena kebakaran lahan di sekitar lokasi. Sebab ayamnya memang masih kecil. Kalau jumlah ekornya (ayam yang terpanggang) banyak tidak sempat hitung saya," katanya Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra.

“Untuk menjinakkan kobaran api tersebut membutuhkan waktu hampir sekitar 1 jam setengah, Sebab seluruh bangunan kandangnya terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar,” tambah Komandan Regu Pos I Damkar Palabuhanratu, Candra.

Di tempat terpisah Camat Palabuhanratu, Deni Yudono, meminta masyarakat untuk tidak sembarangan membakar lahan, mengingat saat ini musim kemarau masih berlangsung.

“Alangkah bijaknya jika tidak melakukan pembakaran lahan dulu saat ini. Meskipun itu di lahan milik sendiri. Supaya tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi,” tutup Camat Palabuhanratu, Deni Yudono. (Asep Gunawan).

Redaktur: Muhammad Fikri Fauzi
×
Berita Terbaru Update