Notification

×

Iklan

Iklan

Penyemprotan Residu dan Berikan Pelayanan Kesehatan, Kiat Satgas Yonif 310/KK Cegah Malaria di Papua

Kamis, 12 September 2024 | 08:02 WIB Last Updated 2024-09-12T01:02:57Z
SMartnewsroom.com, Kabupaten Keerom || Dalam upaya mencegah penyebaran malaria serta pastikan kondisi kesehatan masyarakat perbatasan, Pos Towe Hitam Satgas Yonif 310/KK lakukan penyemprotan Residu Dalam Ruangan (IRS) serta berikan pelayan kesehatan (yankes) bagi warga di Kampung Towe Hitam, Distrik Towe, Kabupaten Keerom, Papua, Kamis (12/09/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya satgas TNI untuk membantu Pemerintah Daerah setempat menanggulangi penyebaran penyakit malaria yang cukup tinggi khususnya di wilayah Distrik Towe Kabupaten Keerom.

"Melihat kondisi cuaca yang tidak menentu, banyak warga yang melaksanakan berobat di pos (Satgas TNI). Dengan keterbatasan fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah ini, kami memutuskan untuk melaksanakan pelayanan kesehatan keliling," terang Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Masih dikatakan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal, malaria merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang dapat menyebabkan kematian dan masih merupakan endemis di sebagian besar wilayah Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Papua, dimana keterbatasan pengetahuan tentang epidemiologi malaria menjadi hambatan dalam menanggulanginya.

Ditambahkan Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal, penyemprotan dan pelayanan kesehatan ini di pimpin langsung oleh Danpos (Komandan Pos) Towe Hitam, Letda Inf Andri Budi Purwanto, S.Tr,Han. Dalam pelaksanaannya lebih kurang 40 warga telah diperiksa kondisi kesehatannya serta 25 rumah yang dilakukan penyemprotan residu.

"Ini cara kita untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat, pelayanan kesehatan sangatlah sulit dijangkau, untuk itu kita jemput bola, demi melihat kondisi ataupun keadaan kesehatan masyarakat seperti apa," tambah Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Disisi lain, Didimus Kelaimi (32) selaku Tokoh Masyarakat mengungkapkan apresiasi dan terima kasihnya atas kepedulian personil Satgas Yonif 310/KK terhadap kondisi kesehatan warga di kampungnya.

"Semua warga kampung, sangat berterima kasih atas semua kepedulian bapak-bapak TNI terhadap kondisi kesehatan para warga disini. Semoga warga semakin sehat dan terhindar dari penyakit malaria," tutup Didimus Kelaimi (32) selaku Tokoh Masyarakat. (Muhammad Fikri Fauzi).

Otentifikasi: Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.
×
Berita Terbaru Update