Notification

×

Iklan

Iklan

Satgas Yonif 310/KK Lakukan Pendampingan Terhadap Warga Perbatasan Dalam Berternak Babi

Rabu, 11 September 2024 | 13:12 WIB Last Updated 2024-09-11T06:12:04Z
SMartnewsroom.com, Kabupaten Keerom || Memberikan solusi dalam mengembangkan ternaknya, Pos Yuruf Satgas Yonif 310/KK lakukan pendampingan membantu warga perbatasan dalam memeliharan ternak babi di Kampung Yuruf, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu (11/09/2024).

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal dalam keterangan tertulisnya secara terpisah di Makotis (Markas Komando Taktis) di Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal mengatakan, pendampingan dimaksudkan agar peternak babi bertambah semangat dan dapat menyampaikan keluhan tentang permasalahan yang dihadapi untuk diberikan solusi sehingga babi dapat dipelihara dengan baik dan sehat.

"Beternak babi tidak hanya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat papua, tetapi juga untuk menjaga tradisi adat, babi tidak hanya dikonsumsi, tetapi juga digunakan untuk Ritual Tradisional yang sering digelar masyarakat," ujar Dansatgas Yonif 310/KK Letkol Inf Andrik Fachrizal.

Sementara itu, Danpos (Komandan Pos) Yuruf Letda Inf Agus Waluyo menambahkan bahwa babi ini milik Gereja Katolik Santa Maria Bunda Allah Yuruf sejumlah 5 ekor yang nantinya digunakan untuk acara-acara besar di Pastoran.

"Hari ini kita lakukan pengebirian babi bertujuan mencegah perilaku agresif dan seksual yang tidak diinginkan dari pejantan selama masa penggemukan, sehingga kandang lebih tenang dan lebih mudah dikelola daripada pejantan utuh. Kualitas daging dan lemak juga lebih baik pada babi yang dikebiri daripada pada pejantan utuh," tambah Danpos (Komandan Pos) Yuruf Letda Inf Agus Waluyo.

Disisi lain, Yap Ulipi (47) selaku Majelis Gereja mengucapkan terima kasihnya kepada personil Satgas Yonif 310/KK atas pendampingan yang diberikan.

"Sangat sangat berterima kasih kepada Bapak-bapak TNI dari personil Satgas. Mereka banyak sekali membantu kami disini bahkan kami selalu diberikan solusi jika mendapati suatu kendala," tutur Yap Ulipi (47) selaku Majelis Gereja. (Muhammad Fikri Fauzi).

Otentifikasi: Pen Satgas Pamtas Yonif 310/KK.
×
Berita Terbaru Update