Notification

×

Iklan

Iklan

Kakak Beradik Alami ODGJ Di Kurung Mirip Kandang Kambing

Rabu, 16 Oktober 2024 | 18:06 WIB Last Updated 2024-10-16T11:06:24Z
SMartnewsroom.com, SUKABUMI || Dua kakak beradik yaitu, H (36 tahun) dan Sam (32 tahun), asal Kampung Bendungan, RT 32 RW 07, Desa Bantasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sejak 5 tahun, dikurung mirip seperti kandang kambing.

Rahmat Sangkuy (45 tahun), kakak ipar dari kedua kakak beradik ini mengatakan, mereka alami Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), usai pulang dari Malaysia sebagai buruh migran tahun 2019 lalu.

"Sudah begini alami gangguan jiwa sejak 5 tahun, dua-duanya juga mantan buruh migran di Malaysia sepulang dari Malaysia kondisinya jadi begini," kata Rahmat kepada SMartnewsroom.com, Rabu (16/10/2024).

Rahmat mengaku, kedua kakak beradik H dan Sam, terpaksa dikurung lantaran keduanya kerap meresahkan dan ringan tangan. Sedangkan untuk pemantauan perkembangan kejiwaan kakak beradik, dilakukan oleh pemerintah setempat.

"Keduanya begitu meresahkan masyarakat terpaksa mengurungnya, atas keputusan keluarga. Karena keterbatasan untuk berobat, keluarga juga bingung akhirnya diputuskan untuk dikurung. Kadang kalau mau berobat dikasih sama pak Bima, Polisi Desa (Poldes) 3 bulan sekali, dulu-dulu beli obat setablet dua tablet beli, kemampuan segitu. Kadang pihak medis juga datang, tiga bulan sekali untuk kontrol," ujarnya.

Rahmat menyebutkan, H dan Sam, merupakan anak ketiga dan keempat dari lima bersaudara dari pasanagan Adem (79 tahun) dan Halima (74 tahun).

"Sementara satu saudaranya bernama Hadin (35 tahun), berada di Malaysia, sudah 8 tahun putus komunikasi," tambah Rahmat.

Sementara itu, menurut pengakuan Sati (35), merupakan saudara kandung Ha dan Sam, mulai terlihat perilaku tidak wajar yaitu kerap berbuat kasar, lakukan kekerasan terhadap siapa saja, hingga rumah dibakar.

"Enggak tahu. Cerita ada apa di sana (Malaysia), pulang tahun 2019. Ada rumah di sini habis dibakar, saya kasihan sama umi (ibu) sama bapak," ujar Sati.

Sati selaku saudara kandung, merasa miris dan tidak tega melihat kondisi Ha dan Sam, dikurung mirip kandang kambing. Namun pihak keluarga terpaksa lakukan hal ini, lantaran kerap berbuat kasar kepada orang tuanya.

"Perasaan enggak enak, tapi kasihan sama ibu sama bapak kasihan, makanya dikurung juga. Jadi dimasukkan ke kurungan itu karena ibu dan bapak ditonjokin," pungkas Sati sambil mengeluarkan air mata. (Muhammad Agil Husein).

Redaktur: Muhammad Fikri Fauzi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update